Berita
Jumat, 9 Agustus 2019

Rapat Tim Pertimbangan dan Penjatuhan Hukuman Disipin PNS di Lingkugan Pemkab Pakpak Bharat

Jumat,  9 Agustus 2019 

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pakpak Bharat melakukan kegiatan rapat Tim Pertimbangan dan Penjatuhan Hukuman Disiplin PNS dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat Tahun 2019 bertempat di Aula BKD kab. Pakpak Bharat.  Peserta rapat terdiri dari Sekretaris Daerah Kab.  Pakpak Bharat selaku Ketua Tim Pertimabangan dan penjatuhan hukuman disiplin PNS, Kepala BKD kab.  Pakpak Bharat selaku sekretaris Tim merangkap anggota, Asisten Pemerintahan Setda Kab.  Pakpak Bharat selaku anggota dan Asisten administrasi dan pembangunan setda kab. Pakpak Bharat selaku anggota, Inspektur Kabupaten Pakpak Bharat selaku anggota,  namun pada kesempatan ini diwakilkan oleh pejabat yang ada di inspektorat dan turut hadir unsur PNS dari BKD kab.  Pakpak Bharat, kabag organisasi dan kabag hukum selaku sekretariat tim, beserta kepala opd dan atasan langsung dari PNS terkait yg diduga melakukan pelanggaran disiplin pns. Acara rapat dimulai dengan penyampaian sambutan oleh kepala BKD Kab.  Pakpak Bharat Bapak Sartono Padang,  S. Sos.,  MM,  dimana pada saat sambutan beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan laporan opd dan dokumen yang telah diterima dari opd,  ada sejumlah 18 (delapan belas)  orang PNS yang akan dibahas pada rapat tim kali ini yang terdiri dari 10 (sepuluh) opd, dan kepala BKD menyampaikan bahwa rapat tim ini kali pertama dilaksanakan pada tahun 2019, walaupun sebenarnya kegiatan rapat tim ini sudah merupakan agenda rutin BKD Kab. Pakpak Bharat setiap tahunnya.  

Selanjutya, sebelum rapat dimulai satu persatu, Sekretaris Daerah Kab. Pakpak Bharat selaku ketua Tim memberikan araha dan bimbingan kepada seluruh peserta rapat, dimana  beliau pertama sekali mengapresiasi BKD Kab. Pakpak Bharat atas pelaksanaan kegiatan dimaksud. Selanjutnya Sekretaris Daerah Kab. Pakpak Bharat menekankan begitu perlunya kesadaran kita semua dalam peningkatan disiplin PNS guna mewujudkan pelayanan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat ke arah yang lebih baik. Diakhir arahan dan bimbingan, beliau meminta kepada semua PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk komitmen dalam mewujudkan peningkatan disiplin PNS sebagaimana yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, yang artinya ada sanksi yang akan dijatuhkan apabila kita lalai atau melakukan pelanggaran terhadap disiplin dimaksud, dan harapan beliau juga dengan agenda rapat ini dugaan pelanggaran yang dilakukan para PNS yang akan kita bahas dapat ditentukan pertimbangan penjatuhan hukuman disiplin PNS apa yang akan diberikan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. 

Sesuai dengan daftar yang sudah disiapkan oleh sekretariat Tim,  pembahasan dugaan pelanggaran dilakukan satu persatu dari setiap pns yang masuk daftar, pembahasan yang dilakukan dengan metode uji petik terhadap kelengkapan dokumen atau kelengkapan prosedural yang telah dilakukan opd terhadap pembinaan bagi pelanggaran pns dimaksud, selanjutnya opd diminta menanggapi terkait perkembangan saat ini dari disiplin pns dimaksud, lalu dijadikan suatu kesimpulan dan pertimbangan untuk proses penyelesaian atas pelanggaran disiplin pns tersebut,  bagi opd yang sudah akurat dokumen proseduralnya akan ditindaklanjuti penjatuhan hukuman disiplin tingkat berat yang kewenangan penjatuhan hukuman disiplinnya merupakan kewenangan Pejabat Pembina Kepagawaian atau Bupati,  dan bagi opd yang dirasa perlu untuk melengkapi dokumen prosedural,  supaya dilengkapi dan diserahkan seluruhnya ke BKD Kab.  Pakpak Bharat paling lambat tanggal 13 Agustus 2019. Mengingat jumlah yang lumayan banyak pns yang dibahas dan perlunya kehati hatian dalam pembahasan dari setiap pns yang dibahas pelanggaran disiplinnya, sehingga menyita waktu yang begitu lama,  dimana rapat yang dimulai sejak pukul 14.00 wib yang selesai sampai pukul 19.00 wib. 

Diakhir acara Sekretaris Daerah Kab. Pakpak Bharat, Sahat Banurea,  S. Sos., M. Si meminta kepada sekretariat tim untuk menyiapkan langkah-langkah selanjutnya atas pembahasan yang telah dilakukan untuk disampaikan atau dilaporkan kepada Pimpinan guna mendapat petunjum lebih lanjut, seraya mengucapkan terima kasih dan Njuah-njuah.

Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved