Berita
Kamis, 2 Agustus 2018

BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KAB. PAKPAK BHARAT KEMBALI LAKUKAN PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DAN MULTIMEDIA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Senin, 30 Juli 2018 perwakilan guru SMP dari berbagai sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat mengikuti Diklat Teknis Internet dan Multimedia Angkatan II, Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, 30 Juli s.d 1 Agustus 2018, bertujuan untuk melatih para guru SMP dalam menyusun bahan pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dilaksanakan di Balai Diklat BKD Kab. Pakpak Bharat, Cikaok.

Peserta Diklat berjumlah 60 orang merupakan perwakilan guru-guru SMP dari Kabupaten Pakpak Bharat. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, M.BA yang diwakili Asisten Administrasi Bidang Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Pakpak Bharat Supardi Padang, SP., MM.

Di sela-sela kegiatan dinas luar Kepala BKD Kab. Pakpak Bharat Sartono Padang, S.Sos., MM berpesan kepada Kabid Diklat Diamin Eva Reuber Sinaga, SE., M.Si, supaya mengawasi pelaksanaan Diklat dengan baik. Guru merupakan lokomotif perubahan bangsa, dengan menumbuhkan semangat guru dalam menggali bahan ajar, diharapkan akan menciptakan ide-ide yang baru. “ Guru wajib melek informasi dan teknologi, bahan ajar yang interaktif besar manfaatnya bagi peningkatan kualitas pendidikan ”, ujar Kepala BKD.

Pada Diklat kali ini, peserta juga melakukan presentasi hasil pembelajaran interaktif pada hari ketiga. Sebelum itu, peserta dibekali dengan materi-materi seputar pengembangan bahan ajar, presentase efektif, pendayagunaan TIK untuk pembelajaran, panduan untuk media pembelajaran berbasis power point, pengenalan rumah belajar serta beberapa tutorial belajar lainnya. Materi disampaikan oleh Bambang Adryanto, dkk dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Diklat serupa sudah dilaksanakan juga pada tahun 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 160 orang. BKD Kab. Pakpak Bharat secara bertahap akan terus melakukan pelatihan terhadap guru di lingkungan Pemerintah Kab. Pakpak Bharat, hal ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan generasi emas di Kabupaten Pakpak Bharat.

Diharapkan setelah kegiatan ini, guru-guru akan cakap dan terampil menyusun dan menggali bahan ajar yang interaktif berbasis multimedia. Terlebih lagi, Dinas Pendidikan Kab. Pakpak Bharat, secara bertahap terus membenahi perangkat IT di sekolah-sekolah. Hal ini akan sejalan dengan program Diklat yang dilaksanakan oleh BKD Kab. Pakpak Bharat. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pakpak Bharat Mester Padang, S.Pd., MM yang berkesempatan memberikan mata Diklat substansi umum.

Pelatihan ditutup secara resmi Rabu, 1 Agustus 2018 oleh Bupati Pakpak Bharat yang diwakili oleh Sekretaris BKD Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam sambutannya yang yang dibacakan oleh Sekretaris BKD, Bupati menyampaikan pesan-pesan sebagai berikut : 1) Masing-masing peserta supaya menyusun progres penyusunan perangkat pembelajaran berbasis multimedia yang telah dipelajari selama pelatihan dan diterapkan di sekolah masing-masing; 2) BKD supaya melakukan evaluasi terhadap alumni Diklat untuk melihat sejauhmana materi yang dipelajari diterapkan di sekolah masing-masing; 3) Hasil evaluasi akan menjadi bahan pertimbangan peningkatan karir PNS yang bersangkutan; dan 4) Para peserta agar dapat menjadi agen di sekolah masing-masing dengan memberikan pemahaman kepada guru lainnya yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan.

Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved